Fakta Menarik 'Lidah Mertua', Tanaman Hias buat Kamar Tidur

Tanaman hias merupakan satu unsur dekorasi yang bukan hanya mempercantik ruangan, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari adalah Dracaena trifasciata, atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua

1. Bisa menghasilkan oksigen di malam hari

Tanaman lidah mertua dapat menghasilkan oksigen sepanjang hari. Hal ini memungkinkan karena adanya proses Metabolisme Asam Crassulacean (CAM).

Tanaman lidah mertua dapat membuat lingkungannya jadi lebih sejuk juga bantu mengatasi alergi udara. Tanaman ini akan melepaskan kelembapan yang dapat mengurangi gejala alergi hidung, alergi mata, atau tenggorokan gatal.

2. Kerap disalahartikan sebagai jenis kaktus

Memiliki daun yang tebal dan gemuk, tidak heran jika masih banyak orang yang mengira bahwa lidah mertua termasuk ke dalam jenis kaktus. Namun sebenarnya, lidah mertua termasuk ke dalam jenis sukulen, bersama dengan tanaman lidah buaya dan sisal.

Seperti tanaman sukulen pada umumnya, mereka tidak terlalu suka tanah yang terlalu lembap. Terlalu banyak air akan membuat akar mereka busuk. Oleh sebab itu tanaman satu ini akan lebih baik jika disiram saat tanahnya sudah benar-benar kering.

Struktur dari tanaman lidah mertua sangat mirip dengan lidah buaya juga sisal 

3. Adaptif dan memiliki perawatan yang minim

Berasal dari daerah beriklim tropis khususnya Afrika Barat, lidah mertua umumnya menyukai sinar matahari yang banyak. Namun jika dibudidayakan sebagai tanaman hias indoor, kurangnya sinar matahari akan membuat mereka lebih lama untuk tumbuh.

Tanaman lidah mertua juga masih dapat terkena beberapa jenis penyakit. Tanda paling umum adalah munculnya bercak coklat kecil pada daun mereka yang perlahan menyebar. Jika hal itu terjadi, sebaiknya potong saja bagian daun itu

4. Membantu membersihkan udara dari polusi

Melansir dari laman NASA, lidah mertua terbukti dapat menyerap bahan kimia berbahaya di udara

Bahan-bahan kimia berbahaya seperti Trikloroetilen, Benzena, Formaldehida, Xilena, hingga Toluena, dapat diserap oleh tanaman satu ini. Untuk lebih mengoptimasi kemampuannya, dibutuhkan sekitar 8 tanaman lidah mertua per orang untuk penggunaan indoor.

5. Memiliki bunga yang harum namun jarang muncul

Sering tampil dengan daunnya yang runcing, nyatanya lidah mertua juga dapat memproduksi bunga. Hal ini memang jarang terjadi. Namun jika beruntung, tanaman famili Asparagaceae ini akan mengeluarkan bunga warna kuning kehijauan dengan aroma vanila

Nah itulah beberapa fakta menarik tanaman lidah mertua yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar